Ini ternyata Manfaat Merawat Tanaman Didalam Ruangan

May 27, 2017
Tips Sehat - Kebanyakan orang lebih banyak merawat tanaman di luar ruangan. Hal ini tak hanya sekedar menyenangkan, tempat tinggal kita juga akan nampak amat indah bilamana didepan tempat tinggal terdapat lebih dari satu tanaman indah yang menghiasinya. Selain merawatnya di luar ruangan, kita juga dapat memelihara tanaman di dalam ruangan. Dengan terdapatnya tanaman di dalam ruangan, tempat tinggal kita akan kelihatan lebih natural, cantik, dan sekan-akan menambahkan kesan lebih hidup didalamnya.

Tahukah kamu bahwa merawat atau memelihara tanaman di dalam ruangan itu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Apa saja manfaat merawat tanaman dalam ruangan terhadap kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita dapatkan bilamana merawat beberapa tanaman indoor untuk menghiasi ruangan kita.

Manfaat merawat tanaman di dalam ruangan

Manfaat Merawat Tanaman Didalam Ruangan

1. Meningkatkan kesehatan pernapasan
Saat kita bernafas pada waktu itulah kita dapat menghirup oksigen dan sesudah itu membiarkan karbon dioksida. Dengan ada tanaman dalam ruangan, karbon dioksida yang telah di lepaskan dapat diserap oleh tanaman. Maka, pada waktu tanaman melaksanakan fotosintesis maka kala itulah tanaman dapat membiarkan oksigen. Dengan demikian, ada tanaman dalam ruangan dapat memberikan cadangan oksigen tambahan dalam ruangan rumah kita.

Selain itu dari beberapa penelitian juga telah membenarkan bahwa tanaman didalam ruangan dapat menyerap racun yang diakibatkan dari sebuah rokok, karpet, atau cat. Dari hasil penelitian tersebut, tanaman akan membantu menghilangkan racun hingga mencapai 87% dalam kurun waktu 24 jam. Luar bisa manfaat merawat tanaman di dalam ruangan, bukan?

2. Meningkatkan fungsi kognitif
Hal lain manfaat dari merawat tanaman di dalam ruangan adalah mampu meningkatkan kemampuan otak, baik itu untuk mengingat, konsentrasi, atau pun meredakan stres. Dari berbagai sebuah penelitian mengatakan bahwa konsentrasi siswa misalnya bakal mengalami peningkatkan sampai raih 70% bilamana didalam ruangan kelas terkandung tanaman.

3. Mempercepat pemulihan
Tahukah kamu kenapa hampir disemua Rumah Sakit terdapat tanaman d dalam ruangan? Menurut penelitian, pelihara tanaman didalam kamar Rumah Sakit itu dapat mempercepat sistem pemulihan terhadap pasien. Pasien yang ketika kamarnya diisi dengan tanaman hias dapat lebih sedikit konsumsi obat penghilang rasa sakit. Selain itu, umumnya pasien terhitung dapat memiliki tekanan darah yang lebih rendah sehingga pasien tidak gampang untuk mengalami masalah stres.

4. Mengurangi alergi dan asma
University of Agriculture di Norwegia menuturkan dalam sebuah studinya, hasilnya adalah bahwa taman hias bisa membantu meringankan gejala alergi. Ketika adanya tanaman pada ruangan bisa meningkatkan kandungan kelembapan yang sekaligus mengurangi debu yang berada didalam rumah. Studi ini juga tunjukkan kecuali tanaman yang sengaja berada didalam ruangan bisa mengurangi batuk, sakit tenggorokan, dan juga lebih dari satu penyakit pernafasan lainnya layaknya gejala asma.

5. Meningkatkan kesehatan mental
Merujuk seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu fungsi terdapatnya tanaman didalam ruangan adalah untuk menopang dan mengurangi terjadiya tingkat stres seseorang. Dengan demikian, kala tingkat stres mulai berkurang, maka situasi hati kita akan kembali membaik dan selanjutnya kebugaran mental pun akan meningkat.

Itulah pentingnya merawat tanaman tanaman apalagi di dalam ruangan, sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat merawat tanaman didalam ruangan. Jadi, mulailah dari sekarang tidak ada salahnya untuk mengisi ruangan rumah dengan beberapa tanaman hias. Selain banyak manfaat untuk kesehatan, rumah kita juga akan terlihat lebih cantik dan indah. Selamat mencoba ya...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Mohon jangan tinggalkan link aktif, berkomentarlah dengan bijak sesuai tema yang dibahas. EmoticonEmoticon