7 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Kita

June 20, 2017
Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, kegunaan temulawak sebenarnya begitu penting bagi tubuh, baik itu digunakan sebagai pengobatan atau cuma cuman untuk menopang kesegaran tubuh supaya lebih prima.

Temulawak miliki nama latin Curcuma xanthorrhiza yang merupakan tidak benar satu type tanaman yang masuk kedalam suku temu-temuan. Tanaman yang satu ini asli berasal berasal dari Indonesia, terutama berasal dari pulau jawa.

Sebagai tidak benar satu tanaman herbal, temulawak tentu saja miliki segudang kegunaan yang baik bagi kesegaran tubuh. Ingin memahami apa saja kegunaan berasal dari temulawak? Langsung disimak saja ya dibawah ini.

manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh
Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

1. Membantu atasi kasus pencernaan
Didalam temulawak terkandung sebuah zat yang sanggup merangsang produksi empedu supaya sanggup menopang meningkatkan pencernaan. fungsi temulawak menambahkan bantuan terhadap bermacam kasus pencernaan yang meliputi masalah pencernaan, gas, kembung, dan dispepsia.

2. Melawan pertumbuhan kanker
Sebuah belajar yang sudah dikukan terhadap tahun 2001 yang diberi nama The Prostat, menemukan bahwa curcumin sanggup menahan pertumbuhan kanker prostat dan berpotensi untuk menahan pertumbuhan kanker hormon yang lainnya. Mesikpun begitu, percobaan kelanjutan terhadap manusia tetap senantiasa dibutuhkan sebelum akan dokter sanggup merekomendasikan temulawak.

3. Menurunkan lemak darah
Temulawak membuahkan fraksi kurkuminoid yang merupakan ekstrak berasal dari temulawak. Esktrak ini berguna untuk menopang menurunkan takaran kolesterol total dan termasuk meningkatkan takaran kolesterol HDL Zat kurkumanoid yang diduga berperan di dalam menurunkan lemak darah. Dengan demikian, perihal ini tentu saja dapat menambahkan dampak baik terhadap kesegaran jantung.

4. Memelihara kegunaan hati
Katagoga merupakan zat di dalam temulawak yang mempunyai khasiat untuk menjaga kesegaran kegunaan hati. Katagoga bertugas untuk produksi empedu di dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Dalam uji klinik yang sudah dilakukan terhadap temulawak, hasilnya adalah enzim sanggup berguna untuk menurunkan takaran SGOPT dan SGPT di dalam dosis 15-30 mg kurkumin.

5. Membantu kurangi radang sendi
Kandungan kurkumin di dalam temulawak serupa perihal nya bersama 100 mg fenibutazon yang berguna untuk kurangi radang sendi dan nyeri. Temulawak sanggup menahan pemindahan sel-sel leuksit kepada daerah radang atau sanggup termasuk bersama menahan pembentukkan dan juga transportasi mediator radang, yaitu prostagladin.

6. Mengobati bisul
Mengobati bisul bersama temulawak caranya yaitu, cuci bersih temulawak sesudah itu kupas dan rebus bersama 2 gelas air dan juga sedikit gula aren. Tunggu sampai airnya setengah, sesudah itu angkat. Tambahkan asam jawa sebesar ibu jari dan diamkan sampai agak dingin. Setelah itu, saring dan minumlah sekaligus.

7. Mengobati hepatitis
Untuk mengobati hepatitis, siapkan 2 jari temulawak sesudah itu cuci sampai bersih selanjutnya kupas bagian kulitnya. Iris dan rebus bersama 1/2 liter air sesudah itu tambahkan sedikit gula aren. Tunggu sampai airnya tinggal setengah, selanjutnya angkat. Setelah agak dingin, minumlah ramuan tersebut. Sebaiknya melaksanakan pengobatan ini secara teratur dua kali sehari.

Temulawak memang masih aman digunakan bila dikonsumsi pada jangka waktu yang singkat. Akan tetapi, temulawak akan tidak aman lagi bila dikonsumsi dalam jumlah yang besar atau jangka waktu yang lama. Sebelum menggunakan temulawak, sebaiknya Anda lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada para professional kesehatan.

by Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Mohon jangan tinggalkan link aktif, berkomentarlah dengan bijak sesuai tema yang dibahas. EmoticonEmoticon