Manfaat Semangka & Telur Untuk Kualitas Sperma

June 06, 2017
 Manfaat Semangka & Telur Untuk Kualitas Sperma
Pertanyaan :
Dok, apakah telur dan semangka itu mempunyai khasiat menambah kualitas sperma. tks


Dijawab Oleh:
dr. Dyah Novita Anggraini

 




Kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung:

1. Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)
2. Vitamin B6: Penting dalam pembentukan hormon seks pria
3. Vitamin B12: Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik. Kadar yang kurang menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampan gerak sperma.
4. Vitamin E: Juga merupakan antioksidan. Membantu sperma dalam penetrasi sel telur.
5. Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.
6. Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pemebentukan serta fungsi normal sperma.

Lalu, apakah semangka dan telur bisa perbaiki kualitas sperma?
Terkait dengan pertanyaan Anda. Semangka mengandung vitamin C dan vitamin A, sehingga asupan semangka sedikit secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.


Sedangkan manfaat dari telur belum dapat dipastikan secara ilmiah dapat meningkatkan kualitas sperma, namun konsumsi telur dapat menyehatkan tubuh.

Hal lain yang Anda bisa jalankan untuk meningkatkan mutu sperma yaitu  berolah raga teratur, makan makanan yang banyak punya kandungan zink (sea food, terong), dan vitamin E (tauge) yang bisa mendukung meningkatkan jumlah sperma. Hindari stres dan aspek risiko yang kita sebutkan di atas bisa mendukung melakukan perbaikan mutu sperma.

Selain itu, untuk mengerti mutu dan jumlah sperma baik atau tidak, cuma bisa dikerjakan bersama pemeriksaan analisis sperma di laboratorium. Di samping mengubah pola hidup jadi lebih sehat, kami anjurkan untuk berkonsultasi bersama dokter spesialis andrologi sehingga bisa diketahui lebih-lebih dahulu keadaan kesehatan sperma Anda waktu ini.


Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Mohon jangan tinggalkan link aktif, berkomentarlah dengan bijak sesuai tema yang dibahas. EmoticonEmoticon