Awas ! 7 Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lama untuk Kesehatan

July 05, 2017
akibat duduk terlalu lama
Tips Sehat dan Cantik - Ada begitu banyak type pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan duduk berlama-lama. Beberapa profesi pekerjaan berikut diantaranya adalah pekerja kantoran, penjahit, desainer grafis, operator mesin di pabrik, dan masih banyak yang lainnya. Selain bekerja, normalitas duduk sangat lama pun termasuk dapat dialami pada pas melihat tv.

Sampai pas ini, masih banyak orang yang kurang memperhatikan bahwa sebetulnya duduk sangat lama itu dapat meningkatkan risiko penyakit dan gangguan kebugaran lainnya. Dibawah ini merupakan 7 bahaya kebugaran yang siap mengancam kebugaran jika Anda duduk sangat lama.

1. Penyakit diabetes
Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang kudu untuk dihindari. Jika Anda duduk sangat lama, risiko menderita penyakit diabetes akan jadi meningkat. Hal ini dapat terjadi sebab dikala duduk sangat lama proses kerja pankreas akan mengalami penurunan. Ketika pankreas udah tidak dapat memproduksi insulin, maka tubuh akan kekurangan insulin dan banyak menyimpan gula di tubuh. Jika perihal ini dibiarkan tetap menerus, Anda akan kesulitan untuk menghindari salah satu penyakit mematikan ini.

2. Penyakit jantung
Tidak hanya diabetes, duduk sangat lama termasuk dapat menyebabkan penyakit mematikan lainnya, yaitu sakit jantung. Munculnya penyakit ini sebab duduk sangat lama akan memicu proses metabolisme tubuh terjadi lambat. Kemudian darah yang mengalir didalam tubuh pun akan terjadi lebih lambat dari biasanya yang pada akhirnya memicu otot tidak dapat membakar kalori (lemak). Bila perihal ini tetap dibiarkan, lama kelamaan lemak akan jadi menumpuk dan menahan pembuluh darah. Pada akhirnya, penyakit jantung pun akan susah terhindarkan.

3. Menurunnya manfaat otak
Percaya atau tidak, duduk sangat lama akan memicu manfaat otak menurun. Ini tidaklah mengherankan mengingat duduk sangat lama akan memicu otak kekurangan asupan darah maupun oksigen kalau dibandingkan pada pas tubuh Anda bergerak. Otak perlu darah dan oksigen sehingga ia dapat membebaskan beberapa bahan kimia alami bagi tubuh. Jika Anda sering duduk berlama-lama, maka manfaat otak pun akan jadi menurun.

4. Pembekuan darah
Bahaya kebugaran lainnya akibat dari duduk sangat lama adalah anggota pembuluh darah di kaki tidak bermanfaat dengan baik. Disisi lain, perihal ini termasuk dapat memicu munculnya varises di lebih kurang anggota kaki dan pergelangan kaki menjadi bengkak. Dalam jangka pas yang lama, masalah ini akan jadi mencemaskan sebab dapat memicu terjadinya pembekuan darah yang sekaligus terkait dengan penyakit jantung.

5. Meningkatkan risiko kanker
Terdapat sebuah penelitian yang perlihatkan bahwa duduk sangat lama akan memicu risiko penyakit kanker rahim, kanker payudara, dan kanker usus besar. Risiko ini jadi meningkat lantaran tubuh kurang bergerak. Tubuh yang kurang aktif dapat menurunkan zat antioksidan didalam tubuh dan mengurangi memproduksi insulin. Duduk sangat lama termasuk dapat meningkatkan pertumbuhan sel tidak normal pemicu kanker.

6. Mengganggu proses pencernaan
Duduk sangat lama akan menyebabkan masalah pada proses pencernaan Anda. Ini terjadi sebab pada pas duduk sangat lama, perihal itu akan mengimbuhkan tekanan yang sangat besar pada isi perut. Ketika ini terjadi, proses pencernaan akan bekerja lebih lambat dari biasanya. Gejala lazim yang sering dialami biasanya adalah sembelit, kram, perut kembung, mulas, dan buang gas secara berlebihan.

7. Gangguan postur tubuh
Bahaya ke-7 yang siap mengancam kebugaran Anda akibat duduk sangat lama adalah terkait dengan postur tubuh. Bahaya kebugaran yang satu ini sebetulnya tidak akan keluar didalam pas dekat. Akan tetapi, setelah bertahun-tahun jalankan kesibukan dengan duduk berlama-lama maka gangguan kebugaran yang satu ini akan terasa terasa. Beberapa gangguan yang paling sering dialami adalah gangguan sendi anggota belakang, sakit berlebih pada bahu dan leher, serta terdapatnya pergantian pada postur tulang belakang.

Nah, itulah 7 bahaya kebugaran yang siap mengancam Anda jika sering duduk sangat lama. Meskipun pekerjaan menuntut Anda untuk duduk berlama-lama, Anda dapat mengurangi risikonya dengan cara pengaruhi posisi duduk, berdiri, atau terjadi untuk sebatas mengambil alih air minum atau pergi ke toilet. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Mohon jangan tinggalkan link aktif, berkomentarlah dengan bijak sesuai tema yang dibahas. EmoticonEmoticon