14 Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

June 21, 2017
Tips Sehat dan Cantik - Masa kehamilan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu khususnya bagi mereka yang baru saja membangun bahtera rumah tangganya. Bahkan, kadangkala sang suami pun “berteriak histeris” dikala mendengar sebuah kabar bahwa sang istri tercinta tengah hamil.

Nah, agar janin yang tersedia di dalam persentase senantiasa sehat dan berkembang secara maksimal, maka udah semestinya baik ibu maupun suami harus mengkaji beraneka nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil dan calon bayi yang dikandungnya.

Lalu, apa saja sih nutrisi perlu yang diperlukan bagi para ibu hamil? Berikut adalah 14 nutrisi perlu yang diperlukan oleh seorang ibu hamil agar ibu dan bayi yang dikandungnya senantiasa di dalam situasi sehat.
14 Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil
Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

1. Zat Besi
Pada umumnya, seorang ibu hamil sangatlah rentan untuk mengalami anemia atau kurang darah. Oleh gara-gara itu, zat besi sangatlah perlu untuk ibu hamil. Zat besi berperan untuk mengangkut oksigen dan pembentukan sel-sel darah merah. Dengan begitu, mineral zat besi akan menopang ibu hamil agar senantiasa sehat. Makanan yang memiliki kandungan zat besi diantaranya daging merah, telur, ikan, sereal, roti, buah kering, sayuran berdaun hijau, dan biji-bijian.

2. Vitamin A
Memenuhi asupan Vitamin A sangatlah perlu untuk ibu hamil, khususnya hal ini untuk memelihara daya tahan tubuhnya agar tidak mudah jadi lelah. Untuk meraih vitamin A, Anda mampu mendapatkannya berasal dari makanan seperti wortel, minyak ikan, sayuran hijau dan kuning, kuning telur, susu, dan lain-lain.

3. Vitamin B1
Morning sickness merupakan suatu keluhan yang kerap dialami oleh biasanya ibu hamil terhadap masa-masa awal kehamilan. Untuk menopang meringankan keluhan seperti ini, maka konsumsi vitamin B1 mampu menjadi solusinya. Selain itu, konsumsi vitamin B1 mampu menopang melancarkan pencernaan.

4. Vitamin B2
Di awal-awal kehamilan, memenuhi asupan vitamin B2 tentu saja sangatlah penting. Vitamin B2 berguna untuk menopang perkembangan embrio di minggu pertama. Beberapa makanan yang memiliki kandungan sumber vitamin B2 diantaranya adalah keju, brokoli, susu, jamur, sayuran hijau, dan telur.

5. Vitamin B3
Nutrisi perlu setelah itu yang diperlukan oleh ibu hamil yang tengah meniti era kehamilan pertama adalah vitamin B3. Vitamin B3 ini berguna untuk kurangi rasa mual dan terhitung menopang perkembangan otak janin. Makanan yang memiliki kandungan sumber vitamin B3 antara lain gandum, kacang tanah, sayuran hijau, hati, dan susu.

6. Vitamin B5
Vitamin B5 terhitung diperlukan oleh ibu hamil gara-gara berguna untuk memelihara kebutuhan sel darah merah di di dalam tubuh. Jumlah kebutuhan vitamin B5 bagi ibu yang tengah hamil adalah sebanyak 5mg/hari. Vitamin B5 mampu didapatkan berasal dari makanan seperti telur, keju, kacang tanah, dan hati.

7. Vitamin B6
Vitamin B6 dikenal terhitung bersama Piridoksin yang berguna untuk menopang ibu hamil terhadap pas mencerna lemak menjadi daya sekaligus meningkatkan pula kekebalan tubuhnya. Makanan yang memiliki kandungan vitamin B6 seperti ikan, gandum, kacang kedelai, dan susu.

8. Vitamin B12
Seorang ibu hamil terhitung benar-benar perlu untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 di setiap harinya. Vitamin B12 berguna untuk mengoptimalkan perkembangan janin membentuk sel-sel darah merah. Vitamin B12 mampu didapatkan berasal dari makanan seperti rumput laut, daging sapi, telur, dan susu.

9. Vitamin C
Untuk menopang memaksimalkan penyerapan zat besi, maka seorang ibu hamil sangatlah perlu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Disamping itu, vitamin yang mudah larut di dalam air ini terhitung mampu memelihara proses kekebalan tubuh sebagai antioksidan alami. Vitamin C benar-benar mudah didapat berasal dari buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, buah kiwi, dan pepaya.

10. Vitamin D
Vitamin D benar-benar diperlukan oleh ibu hamil khususnya untuk mencegah terjadinya hipertensi dan diabetes. Untuk meraih vitamin D, cara yang paling sederhananya adalah bersama berjemur di bawah sinar matahari pagi. Atau mampu terhitung bersama konsumsi makanan seperti jamur, minyak hati ikan cod, ikan tuna, kacang kedelai, dan susu.

11. Vitamin E
Vitamin E terhitung benar-benar dibutuhkn oleh ibu hamil. Hal ini gara-gara vitamin E berguna untuk memelihara kesegaran kulit ibu hamil khususnya terhadap pas mengalami peregangan. Beberapa makanan yang diketahui banyak memiliki kandungan vitamin E adalah buah alpukat, bayam, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

12. Vitamin K
Vitamin K disebut terhitung bersama Koagulasi. Fungsi berasal dari vitamin K adalah untuk mencegah pendarahan terhadap sang bayi dan terhitung memelihara kepadatan tulang bagi ibu hamil. Vitamin K mampu didapatkan bersama mudah khususnya terhadap buah-buahan dan terhitung sayuran hijau.

13. Asam Lemak Omega-3
Asam lemak omega-3 mempunyai peranan yang benar-benar perlu khususnya di dalam perkembangan otak sang bayi terhadap pas di dalam kandungan. Sedangkan bagi ibu hamil, asam lemak omega-3 berguna untuk memelihara jantung agar senantiasa sehat. Asam lemak omega-3 mampu diperoleh terhadap makanan seperti sarden, salmon, dan mackerel.

14. Asam Folat
Asam folat dikenal terhitung bersama Vitamin B9. Bagi seorang ibu hamil, asam folat berguna untuk menopang perkembangan janin agar memperkecil bisa saja bayi terlahir cacat. Makanan yang memiliki kandungan asam folat diantaranya adalah alpukat, jeruk, brokoli, dan kacang-kacangan. 

Itulah 14 nutrisi penting bagi wanita yang sedang hamil. Mudah-mudahan informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda, terutama bagi wanita yang saat ini tengah menjalani masa kehamilan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Mohon jangan tinggalkan link aktif, berkomentarlah dengan bijak sesuai tema yang dibahas. EmoticonEmoticon