7 Cara Jitu Mengatasi Insomnia

July 02, 2017
Tips Sehat dan Cantik - Insomnia merupakan problem tidur yang membawa dampak seseorang menjadi kesulitan untuk sanggup tidur cocok dengan yang diinginkannya. Bukan cuma sebelum akan tidur, lebih-lebih setelah bangun tidur pun umumnya dapat diikuti pula oleh bermacam problem fungsional tubuh.

Ada banyak perihal yang sanggup membawa dampak insomnia, beberapa diantaranya adalah stres, mengkonsumsi obat-obatan, ruangan yang tidak cukup nyaman, sakit pada bagian tubuh tertentu, dan lain sebagainya.

Meskipun insomnia sanggup berjalan kepada pria dan wanita. Akan tetapi, wanita cenderung lebih banyak mempunyai masalah problem tidur seandainya dibandingkan pria. Namun, Anda masih sanggup kok untuk untuk menangani problem masalah tidur seperti ini. Berikut adalah 7 cara menangani insomnia yang sanggup Anda coba.

cara mudah mengatasi insomnia
Cara Mudah Mengatasi Insomnia ( Kebiasaan Susah Tidur )

1. Berjemur di pagi hari
Ketika bangun pagi, usahakan luangkan waktu sejenak untuk berjemur di pagi hari. Sinar matahari yang meresap kedalam tubuh dapat mengatur munculnya homon tidur, yaitu melatonin yang dapat membawa dampak Anda sanggup tidur di malam hari.

Lakukan cara pertama ini secara rutin. Anda sanggup melakukannya dengan cara jalan-jalan di pagi hari atau jogging dibawah cahaya matahari pagi. Yang penting tubuh Anda kudu merasakan hangatnya cahaya matahari pagi.

2. Membaca buku
Satu jam sebelum akan tidur, pastikan bahwa Anda sudah tidak memainkan gadget seperti ponsel, tab, komputer, atau TV. Hal ini gara-gara gadget sanggup mengganggu dan menekan hormon tidur. Selain itu, gadget juga sanggup mengganggu kelelapan tidur Anda. Lebih baik, bacalah beberapa halaman buku gara-gara perihal itu sanggup membawa dampak Anda lebih cepat tertidur.

3. Lakukan yoga
Terdapat sebuah belajar yang membuktikan bahwa melatih pernapasan atau meditasi berasal dari yoga sanggup menambahkan mutu tidur yang jauh lebih baik. Sebenarnya bukan cuma yoga saja lho, apa pun style olahraga yang dijalankan juga sanggup membawa dampak tidur Anda menjadi lebih berkualitas. Asal, olahraga selanjutnya dijalankan secara rutin dengan porsi yang tepat. Anda sanggup mencobanya dengan berjalan kaki sepanjang 30 menit 5 hari per minggu.

4. Camilan sebelum akan tidur
Jika Anda bahagia ngemil sebelum akan tidur, alangkah lebih baik terkecuali camilan selanjutnya merupakan kombinasi terbaik antara karbohidrat dan protein. Satu jam sebelum akan Anda pergi tidur, cobalah mengkonsumsi camilan rendah gula seperti perihal nya sereal gandum utuh dengan susu.

5. Kebersihan area tidur
Walau bagaimanapun, kebersihan area tidur Anda juga kudu diperhatikan. Semakin Anda nyaman dengan area tidur Anda, maka dapat tambah mudah pula Anda untuk tertidur. Oleh gara-gara itu, cuci dan pindah sprei sedikitnya seminggu sekali.

6. Melatonin
Mengonsumsi suplemen seperti melatonin juga sanggup membantu tingkatkan mutu tidur Anda. Meskipun belum diketahui secara pasti berapa dosis yang pas untuk dikonsumsi, tetapi Anda sanggup mengkonsultasikannya terutama dahulu kepada dokter.

7. Obat tidur
Biasanya dokter menambahkan resep obat tidur seperti ambeien, sonata, dan lunesta. Namun, ini juga tidak baik terkecuali Anda pilih cara yang satu ini untuk jangka waktu yang lama. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Mohon jangan tinggalkan link aktif, berkomentarlah dengan bijak sesuai tema yang dibahas. EmoticonEmoticon